Atap Rumah Minimalis

Ide atap rumah terbaik tahun ini

Atap Rumah Minimalis – Komponen terpenting dalam rumah salah satunya adalah atap. Iya, bagaimana bisa menjadi rumah yang nyaman kalau tidak mempunyai atap. Memiliki rumah tanpa atap sama saja hidup diluar, karena pada musim hujan akan kehujanan dan panas juga tentu kepanasan, percuma kan.

Untuk itu, membuat atap sangatlah penting, kualitas atap yang akan dibuat pun tentu harus bagus, agar awet dan tidak mudah rapuh. Dan saat ini selain membuat atap yang awet ternyata desain eksterior yang menarik juga digemari bagi kebanyakan orang, terutama bagi orang yang mempunyai atap rumah minimalis. Hal tersebut bertujuan supaya rumah bisa dilihat dengan luwes.

Nah jika Anda ingin membuat rumah minimalis dengan eksterior atap yang bagus dan awet juga, saat ini tidak perlu bingung-bingung, karena sudah banyak ditawarkan di pasaran. Namun supaya Anda tidak salah pilih nantinya, lebih baik pelajari terlebih dahulu beberapa informasi atap rumah minimalis di bawah ini!

Kumpulan Desain Atap Rumah Modern

Nikmati gambar dengan kualitas jernih dengan cara “klik gambar yang diinginkan”.

Atap Rumah Minimalis Modern Dari Beton

Atap Rumah Minimalis Modern Dari Beton
cameta.club

Atap rumah yang satu ini sedang menjadi favorit untuk banyak orang. Iya, karena dengan menggunakan atap bergaya modern ini akan memberikan kesan elegan untuk rumah Anda. Bahan dari atap bergaya modern yang sering digunakan biasanya berasal dari beton.

Bentuk atap dari beton ini dibagi menjadi dua, ada yang berbentuk genteng ada juga cor. Pada bentuk cor, atap sering dipakai pada rumah-rumah bertingkat, entah digunakan untuk santai atau hanya digunakan sebagai tempat menjemur pakaian. Keunggulan dari atap beton bentuk cor ini adalah lebih awet dan tahan dari berbagai gangguan cuaca, serta tidak mudah lapuk.

Sedangkan pada atap bentuk genteng dari beton mempunyai berbagai varian model, ada yang bergelombang ada yang datar dan mempunyai banyak pilihan warna. Kualitas dari atap ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Sedikit kelemahan dari genteng beton ini adalah ukurannya yang lebih berat dari genteng yang berasal dari tanah liat, dan harganya mungkin sedikit mahal.

Atap Rumah Dari Keramik

Atap kerapik untuk rumah minimalis
multi-line. com

Atap rumah minimalis selanjutnya adalah berbahan keramik. Mungkin yang Anda ketahui bahwa keramik itu hanya untuk lantai, tapi ternyata tidak ya. Atap berbahan keramik ini sebenarnya juga sama dengan lantai, awalnya dibuat dengan tanah liat namun pada proses penyelesaiannya diberi pewarna glatzur seperti keramik.

Kualitas dari atap keramik ini juga sangat bagus, karena pembuatannya dengan menggunakan suhu panas yang sangat tinggi. Dan pemasangannya pun harus dikunci dengan menggunakan mur atau baut pada kerangka kayu dan beton.

Atap rumah yang satu ini sangat terkenal di  kalangan konglomerat dengan rumah mewahnya, namun Anda tidak perlu berkecil hati, karena rumah minimalis juga dapat menggunakan atap ini, walaupun harganya bisa dibilang cukup mahal.

Atap Rumah Dari Genteng Tanah Liat

Atap Rumah Dari Genteng Tanah Liat
selera.id

Atap rumah dari genteng tanah liat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Selain tersedia berbagai macam bentuk, harga dari genteng ini juga terjangkau. Kualitasnya pun sangat bagus karena tahan terhadap berbagai cuaca, baik panas, hujan dan dingin. Cara pemasangannya juga sangat mudah dengan menggunakan kayu rangka yang lumayan banyak agar genteng tidak mudah melorot.

Nah sedikit saran, karena tanah liat ini mudah berlumut, sebaiknya sebelum pemasangan genteng dicat terlebih dahulu dengan warna sesuai selera atau menyesuaikan cat dinding rumah Anda.

Atap Rumah Minimalis Dari Genteng Kaca

Atap Rumah Minimalis Dari Genteng Kaca
trendir.com

Atap genteng dari kaca akan sangat menguntungkan bagi Anda yang mempunyai rumah bentuk minimalis. Karena biasanya dengan luas lahan yang tidak terlalu lebar dan berdekatan dengan tetangga akan sulit menempatkan jendela untuk ventilasi. Nah atap kaca inilah yang menjadi alternative utamanya.

Namun tidak keseluruhan rumah menggunakan atap dari genteng kaca ya, karena nantinya suhu rumah akan sangat panas pada saat musim panas tiba, maka gunakan sebagian saja. Tujuan dari atap kaca ini hanya untuk memberikan ventilasi agar rumah tidak lembab dan dinding berjamur.

Karena sifat kaca itu mudah pecah, untuk itu perlu ketelitian dan hati-hati dalam memasangnya. Dan meskipun model genteng kaca ini hanya sedikit, tapi menjadi tips wajib jika Anda mempunyai rumah minimalis.

Atap Rumah Dari Seng

Atap Rumah Dari Seng
reedaxelrodarchitects.com

Atap rumah dari seng tidak hanya digunakan pada rumah-rumah jaman dahulu, saat ini juga banyak tipe rumah minimalis modern yang menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan cuaca di daerah tempat rumah tersebut yang selalu dingin, dan sifat dari seng ini adalah dapat menahan panas.

Harganya yang tidak terlalu mahal juga mencari incarannya, meskipun dengan beberapa kelemahan diantaranya yaitu warnanya yang mudah berkarat, sangat berisik ketika hujan, dan berat seng yang sangat ringan sehingga ditakutkan seng akan terbang ketika ada angin besar.

Atap Rumah Dari Asbes

Atap Rumah Dari Asbes
residentialroofingsolutions.com

Atap rumah minimalis yang bisa digunakan selanjutnya adalah asbes. Asbes memiliki bentuk seperti seng, hanya perbedaannya adalah kalau asbes ini tidak menyerap panas, jadi tidak terasa panas jika rumah yang beratap asbes. Pemasangan asbes sangat mudah karena ringan, namun perlu hati-hati karena asbes juga mudah pecah.

Harga asbes juga cukup murah hampir sama dengan seng, dan kualitasnya yang tahan lama menjadi salah satu alternatif untuk membuat rumah bergaya minimalis.

Atap Rumah Sirap Kayu

Atap Rumah Sirap Kayu Model rumah jaman dulu
atap-sirap.com

Nah ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai rumah minimalis tradisional. Meskipun dengan harga yang sedikit mahal karena sulitnya untuk mendapatkan bahannya, atap sirap ini sangat digemari orang-orang tempo dulu dan selalu menjadi incarannya.

Bahan dari atap sirap adalah kayu, dan kayu dengan bentuk yang cukup unik menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah rumah, sifat dari sirap juga tidak menyerap panas, jadi akan terasa sejuk saat bersantai di rumah beratap sirap. Namun sedikit membutuhkan ketelitian saat pemasangan dan perawatan yang teratur untuk menjaga keawetannya.

Atap Rumah Menggunakan Aspal

Atap Rumah Menggunakan Aspal
istockphoto.com

Seperti yang kebanyakan orang tahu, bahwa aspal adalah bahan untuk membuat jalan. Namun saat ini aspal juga bisa digunakan sebagai atap rumah. Jika dibayangkan mungkin sedikit terlihat impossible ya, namun faktanya tidak juga kok.

Atap dari aspal ini ternyata dicampur dengan beberapa bahan kimia sehingga bisa dijadikan atap rumah. Kualitasnya sudah tidak perlu ditanyakan, dijamin tahan terhadap berbagai cuaca dan angin kencang. Sebenarnya atap ini sering digunakan pada daerah-daerah yang sering dilanda bencana, karena memang kuat dan tahan terhadap ancaman bencana.

Namun jika Anda ingin menggunakan atap ini, siapkan saja dana yang cukup banyak karena harganya yang mahal dan untuk pemasangannya membutuhkan kerangka yang kuat untuk menahan beratnya atap aspal ini.

Atap Genteng Metal

Atap Genteng Metal cuku kuat untuk mengatasi rapuh
steeltile.com

Atap genteng metal berasal dari logam anti karat atau dari baja, dan bentuk dari atap ini seperti seng. Pemasangannya hampir seperti atap keramik yaitu dengan menguncinya dengan baut dan mur.

Atap dari metal memiliki kelebihan yang cukup menguntungkan yaitu tidak menimbulkan rumah terasa sangat panas, tidak mudah berlumut dan tidak mudah pecah, serta beratnya yang ringan, jadi tidak membutuhkan banyak kerangka dalam menyusunnya. Namun Anda juga harus merogoh kocek yang lumayan banyak ya, karena harganya yang mahal.

Tentu Anda sudah memutuskan atap rumah minimalis berbahan apa  yang akan digunakan, karena informasi diatas sudah membantunya. Jadi sebenarnya dalam membuat atap rumah, bisa menggunakan berbagai jenis bahan atap, tergantung selera dan kesesuaian luwesnya. Dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan isi dompet Anda ya.

Comments (2)

  1. niken swastika

Leave a Feedback!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.