Desain Dapur Minimalis

Saat ini membangun rumah minimalis sedang menjadi tren di hampir seluruh daerah di Indonesia. Iya, hal ini dikarenakan banyaknya lahan yang mulai sempit untuk dibuat suatu bangunan, serta harga tanah per meternya yang memang sangat mahal. Dengan dibuatnya rumah dengan ukuran minimalis ini, tentu juga akan berpengaruh terhadap ukuran ruang didalam rumah tersebut.

Salah satunya adalah dapur, tentu ukuran dapur juga menyesuaikan. Padahal dapur adalah tempat yang sangat penting, dan biasanya membutuhkan ruang yang lebar untuk melakukan segala aktivitas memasak. Untuk itu, saat Anda akan membuat rumah tipe ini, membuat desain dapur minimalis yang tepat adalah solusinya.

Nah berikut ini akan diberikan informasi untuk Anda yang mungkin masih ragu dalam membuat desain dapur yang cocok untuk sebuah rumah minimalis yang akan dibuat. Mari simak!

1. Desain Dapur Minimalis yang Digabungkan dengan Ruang Makan

dapur minimalis dan ruang makan

from: pinterest.com

Desain dapur yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai rumah minimalis dengan jumlah penghuni yang cukup sedikit, misalnya hanya Anda dan istri/suami dan satu anak, atau bahkan hanya ditinggali sendirian.

Hal tersebut karena desain dapur ini dibuat dengan ruang dapur sekaligus ruang makan. Ruang makan juga tidak memiliki meja atau kursi khusus, melainkan memanfaatkan lemari atau rak tempat perkakas dapur kemudian ditambah dengan kursi.

Namun dengan desain yang demikian ternyata tidak terlalu buruk, yang penting Anda mampu menempatkan semua barang sesuai tempatnya dan berikan tambahan hiasan seperti lampu di atas meja makan agar tampilan dapur lebih cantik.

2. Dapur Kayu Minimalis

Desain dapur kayu penuh yang istimewa

from: donpedrobrooklyn.com

Jika Anda memiliki rumah dengan kesan klasik, pembuatan dapur juga dapat disesuaikan, yaitu dengan membuat desain dapur minimalis dari bahan serba kayu.

Pembuatan dinding hingga kitchen set harus serupa agar dapur Anda terlihat lebih cantik dan selaras.

Kemudian, buat wastafel yang tidak terlalu tinggi di sebelah jendela agar pada saat Anda mencuci piring dapat menikmati pemandangan indah di luar rumah. Pasti akan sangat nyaman bukan? Serta tempatkan oven pada bagian dalam furniture agar dapur Anda lebih luas.

3. Desain Dapur Irit Daya Listrik

dapur bergaya modern listrik

from: pinterest.com

Mempunyai rumah minimalis akan sangat menguntungkan untuk melakukan penghematan energy di zaman yang serba mahal ini. Bagaimana tidak, dengan adanya rumah dengan berbagai ruang yang minimalis Anda bisa memanfaatkan penggunaan
daya lampu yang memiliki watt lebih kecil.

Begitu pula pada saat siang hari, daripada Anda menghidupkan lampu lebih baik gunakan cahaya matahari yang lebih alami dan gratis tanpa biaya. Untuk itu, dalam membuat dapur yang minimalis dengan hemat energy ini Anda harus memperhatikan desain yang akan digunakan.

Misalnya dengan membuat desain dapur minimalis yang berwarna cerah agar rumah terkesan luas, dan jangan lupa disertai jendela serta atap menggunakan kaca supaya dapur lebih terang meskipun tanpa listrik.

4. Dapur Ukuran 2×2 yang Terlihat Lebih Luas

desain dapur 2x2

from: RenoGuide.com.au

Anda membuat dapur dengan ukuran 2×2 meter, namun ingin terlihat lebih luas? Gunakan saja desain dapur minimalis yang menyatu pada ruangan lainnya. Maksudnya adalah jangan tempatkan dapur pada ruang khusus melainkan memanfaatkan koridor sebagai dapur dan ruang makan.

Dapur dan ruang makan seperti berada di pinggir jalan menuju ruangan yang lain. Agar lebih simple lagi, gunakan lemari built in untuk menempatkan berbagai alat dapur. Dan lebih bagus lagi jika beberapa furniture dibuat dari bahan kayu, serta pilih meja kursi makan yang minimalis pula. Pasti kesan elegant akan selalu melekat pada dapur Anda.

5. Desain Dapur Minimalis Dengan Lampu Sebagai Daya Tariknya

desain dapur minimalis

from: homedit.com

Jika tadi ada desain dapur menggunakan pencahayaan dari matahari untuk hemat energy, maka kali ini terdapat desain dengan banyak penggunaan lampu sebagai daya tariknya. Memang sedikit menghabiskan biaya listrik, namun tidak perlu diragukan lagi tentang kecantikannya.

Namun dengan adanya pemasangan lampu pada beberapa titik dapur ini ternyata akan memberikan kesan lebar pada dapur. Misalnya tempatkan lampu pada sekitar kompor, kemudian wastafel dan pada ruang penyimpanan, serta gunakan lampu LED yang menarik dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang.

Tertarik? Segera coba buat desain tersebut pada rumah Anda agar dapur terlihat lebih mewah.

6. Desain Dapur Terbuka

Model dapur terbuka (Outdoor)

from: onekindesign.com

Desain dapur minimalis selanjutnya yaitu desain dapur terbuka. Ya, jika berbicara tentang dapur yang terbuka pasti ide pertama yang ada dipikiran adalah adanya taman di area dapur.

Benar sekali, ketika Anda membuat rumah minimalis, kadang dapur lebih diabaikan dengan memberikan ruang yang sempit, padahal seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa dapur merupakan hal yang sangat vital bagi sebuah rumah.

Nah untuk itu, pembuatan dapur terbuka ini dapat menjadi solusinya, yaitu memberikan kesan alami dengan pembuatan dapur diluar rumah pada bagian belakang dan disertai adanya taman yang akan menambah kecantikan dapur Anda. Buat perabotan dapur dari bahan kayu atau bambu, serta untuk menutup bagian atap dan samping dapur juga bisa
menggunakan kayu agar lebih asri.

Lihat juga beragam desain minimalis lainnya…

7. Dapur Dari Bahan Besi dan Baja

Desain dapur dari besi

from: apcconcept.com

Jika Anda lebih menyukai desain dapur dengan bentuk linear yang rapi dan pakem. Menggunakan desain dapur bernuansa besi dan baja pasti menjadi pilihannya. Karena memang dengan menggunakan besi dan baja akan membuat dapur terkesan lebih rapi dan bersih.

Kesan modern juga akan selalu melekat di dalamnya. Dan perlu diketahui dengan menggunakan bahan tersebut akan membuat dapur lebih tahan dengan bakteri karena besi dan baja memiliki pori-pori yang lebih kecil.

Mungkin jika nanti Anda akan membuat dapur yang demikian, penilaian orang yang masuk kedalam dapur pasti terlihat sangat resmi dan modern, namun tidak ada salahnya dicoba jika Anda memang menyukainya.

8. Pemilihan Warna Cerah di Dapur

desain dapur cerah untuk rumah

from: decoist.com

Dapur minimalis juga bisa menggunakan warna yang cerah, seperti warna merah, hijau, kuning, orange dan biru. Dengan menggunakan warna-warna yang cerah akan memberikan nuansa bahagia pada dapur, saat memasak pun Anda akan merasa lebih rileks.

Perpaduan warna cerah yang pas memberikan kesan dapur yang kecil Anda menjadi lebih luas. Jika Anda membuat dapur yang demikian jangan lupa sertakan beberapa hiasan seperti tanaman agar lebih manis lagi. Dipastikan siapapun yang masuk ke dalam dapur pasti akan menilai Anda sebagai orang yang ceria.

9. Dapur Bernuansa Merah dan Hitam

Desain dapur mewah

from: benimmulku.com

desain dapur mewah dan minimalis

from: tubepducduong.com

desain dapur bernuansa hitam

credit: home-designing.com

Desain dapur yang satu ini sudah menjadi banyak incaran bagi masyarakat. Karena dengan dapur bernuansa merah dan hitam akan memberikan kesan yang mewah, modern dan cukup unik.

Penggunaan warna hitam dan merah ini bisa Anda tempatkan pada kitchen set dan meja makan Anda. Dan juga penataan berbagai barang dilakukan secara sederhana, serta tidak harus menambahkan furniture mewah yang lain, karena dengan nuansa hitam dan merah sendiri sudah memberikannya.

Sudahkah Anda terinspirasi? Segera buat dapur cantik Anda dengan desain dapur minimalis diatas. Pilihlah sesuai keinginan dan jangan lupa cocokan dengan desain rumah Anda. Jangan sampai nanti dapur rumah terlihat lebih cantik daripada ruangan yang lain, karena seluruhnya harus seimbang.

Comment Dong

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.