Tanaman hias bunga dalam pot

Inspirasi Tanaman Hias Untuk Memperindah Ruangan Dalam Rumah

Saat ini banyak sekali model rumah dengan arsitektur yang beragam. Mulai dari rumah minimalis, semi minimalis, modern, dan sebagainya.

Untuk mempercantik tampilan rumah pun banyak orang yang menerapkan gaya dan seni bangunan dari berbagai macam inspirasi, akan tetapi dalam memperindah tampilan rumah tak bisa lepas dari tanaman hias. Bangunan akan terasa lebih asri jika terdapat tumbuh-tumbuhan di sekitarnya.

Inspirasi Tanaman Hias Untuk Dekorasi Rumah

Tanaman hias sangat cocok diletakkan pada semua bagian dari rumah. Mulai dari meja kerja, ruang makan, ruang tamu, halaman, bahkan di dalam kamar. Unsur warna hijau dari tanaman hias akan membuat kesan ruangan yang lebih segar.

Mendekorasi ruangan dengan tanaman juga harus diperhatikan kesesuaiannya. Ada beberapa jenis tanaman hias yang kurang sesuai diletakkan pada ruangan-ruangan tertentu.

Jenis tanaman hias yang dapat digunakan dalam ruangan diantaranya tanaman hias daun, tanaman hias dalam pot, tanaman hias bunga, serta tanaman hias gantung.

Beberapa tanaman hias berikut ini bisa Anda jadikan referensi untuk mendekorasi ruangan. Ini dia informasi lengkapnya:

Aloe Vera

Aloe vera - Tanaman hias bunga dalam pot
unsuplash
Lidah buaya Tanaman hias bunga dalam pot
unsuplash

Tanaman hias yang satu ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan tanaman yang dikenal juga sebagai lidah buaya sebagai tanaman hias di dalam ruangan.

Bukan hanya itu, aloe vera juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Kandungan dalam aloe vera dapat melembabkan kulit serta memperindah dan menyuburkan rambut.

Senang sekali bukan jika Anda memiliki tanaman hias yang cantik dan memiliki banyak manfaat?

Sirih Gading

Sirih gading - Tanaman hias bunga dalam pot
unsuplash

Tanaman hias sirih gading bisa membuat tampilan ruangan menjadi lebih classy lho. Caranya juga sangat mudah. Cukup letakkan sirih gading pada vas transparan atau gelas kaca. Lalu masukkan air sebagai media tanamnya.

Perawatannya yang sederhana sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus tanaman. Nah, untuk mempercantik ruangan, Anda bisa menambahkan media rambat dengan desain yang unik.

Snake Plant

Snake plant - Tanaman hias bunga dalam pot
@thirdwheelphoto

Tak selamanya lidah mertua itu tajam. Buktinya, tanaman lidah mertua atau snake plant dapat memperindah desain indoor rumah Anda. tanaman hias ini juga cocok diletakkan di dalam kamar. Sebab tidak hanya cantik, snake plant juga menyehatkan.

Polutan di dalam ruangan bisa diserap dengan baik oleh lidah mertua sehingga udara di dalamnya lebih bersih. Dengan begitu, kamar akan terasa lebih nyaman.

Aglonema

Aglonema - Tanaman hias bunga dalam pot
masjogja.com

Aglonema sering juga dikenal sebagai tanaman Sri Rejeki. Tanaman hias ini memiliki corak yang khas sehingga banyak ditemukan pada sudut rumah untuk mempercantik tampilannya.

Anda juga akan banyak menemukan Aglonema di ruang kerja perkantoran karena perawatannya awet di ruangan yang ber-AC. Manfaat lainnya yaitu dapat menyerap racun pada udara di dalam ruangan.

Sejenis Tanaman Palem

Tanaman hias bunga dalam pot
@krisijanis

Meletakkan tanaman palem sebagai dekorasi ruangan mungkin akan terasa unik. Sebab ukurannya yang besar akan memenuhi ruangan. Namun, jika letaknya sesuai maka akan mempercantik dekorasi ruangan.

Nah, tempat yang paling tepat untuk meletakkan palem sebagai tanaman hias adalah pada pinggir pintu di dalam ruangan. Gunakan pot dengan ukuran yang besar dengan tanah sebagai media tanamnya agar ruangan menjadi lebih indah dan segar.

Daisy atau Bunga Gerbera

daisy - Tanaman hias bunga dalam pot
@daniel_damas

Bunga yang memiliki warna-warna memikat ini sangat cocok diletakkan pada ruang tamu rumah Anda. Meskipun akan membuat ruangan lebih cantik, namun perawatannya cukup rumit.

Anda harus sering-sering mengganti bunga yang sudah layu. Selain itu, tanaman ini juga harus terkena sinar matahari, air sebagai media tanamnya juga harus sering diganti.

Bunga Lily

Bunga Lily - Tanaman hias bunga dalam pot
agrowindo.com

Anda bisa meletakkan bunga lily untuk mempercantik kamar. Hadapkan bunga Lily pada arah datang sinar matahari di bawah jendela. Bunga yang anggun ini dijamin akan membuat Anda lebih betah berada di dalam kamar karena dapat membuat mood menjadi lebih baik.

Bunga Krisan atau Seruni

Krisan atau seruni -
biojojo.blogspot.com

Selain cantik, bunga seruni juga memiliki aroma yang harum. Bunga yang sering dikenal sebagai bunga krisan ini sangat sesuai diletakkan pada ruang kamar tidur. Warna kelopak bunga yang menarik akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih hidup. Efek aromatic-nya akan membuat Anda lebih rileks ketika berada di dalam ruangan.

Kaktus Bunga

Bunga kaktus
@born_on_may_20_th

Kaktus adalah primadonanya pecinta tanaman hias. Mungil, cantik, dan unik adalah kata yang tepat untuk menggambarkan tanaman yang berasal dari daerah gurun ini. berbagai jenis kaktus, mulai dari kaktus bunga hingga kaktus mini sangat cocok diletakkan pada ruangan dalam rumah Anda.

Anda bebas memilih ruangan mana saja untuk meletakkan tanaman ini. Bisa di ruang tamu, kamar, atau meja makan. Bentuk dan warna dari kaktus bunga yang sangat bervariasi semakin membuat tanaman ini dicari oleh penggemarnya.

Philodendron

philodendron bunga
@sarahdorweiler

Tanaman hias Philodendron memiliki bentuk seperti hati. Sifatnya juga hampir sama dengan organ vital dalam tubuh tersebut yaitu menyerap racun. Tanaman ini tumbuh merambat sehingga bisa Anda bentuk dengan gantungan sehingga membuatnya lebih menarik.

Anda bisa menambah nilai estetika pada tanaman ini dengan menata alur rambatan menjadi lebih rapi. Anda akan mendapatkan tanaman hias yang cantik dalam waktu yang singkat karena pertumbuhan Philodendron relatif cepat.

Jika Anda bosan dengan tanaman hias dalam vas, Philodendron bisa menjadi pilihan alternatif yang cukup oke untuk menghias ruangan.

Spider Plant

spider plant bunga
@shebster_07

Salah satu tanaman hias yang menjadi favorit adalah spider plant. Disebut sebagai spider plant karena daunnya panjang, ramping, serta menjuntai ke bawah. Sangat mirip dengan bentuk kaki laba-laba.

Di luar negeri, tanaman ini juga disebut sebagai hens plant dan chicken plant. Daya serap spider plant terhadap racun sangat tinggi yaitu mencapai 90%. Wah, berarti selain menambah keindahan dalam ruangan, tanaman ini juga sangat bagus untuk kesehatan udara ya.

Pakis Boston

pakis boston
@ellie_lord

Udara dalam ruangan rumah Anda terasa panas? Mungkin menaruh pakis boston di dalamnya akan memberikan kesejukan tersendiri. Sebab, sifat tanaman hias ini dapat menyerap udara yang panas.

Namun, perawatannya harus telaten. Sesekali, Anda perlu memindahkannya pada ruangan yang lembab seperti kamar mandi. Hal ini dilakukan agar tanaman pakis boston Anda tidak mengalami kekeringan. Jika tidak, maka tanaman hias Anda akan cepat mati.

Kantong Semar

kantong semar
pixabay

Kantong semar merupakan salah satu bunga terindah dan endemik. Tumbuhan karnivora ini memiliki sulur di ujung daun yang menyerupai kantong. Nah, kantong itulah yang berfungsi untuk menangkap serangga, lebah, serta lalat.
Kantong semar akan menjadi bunga yang unik dan indah jika di letakkan di dalam ruangan.

Bunga Hydrangea

Bunga hydrangea
@anniespratt

Bunga Hydrangea juga dikenal sebagai bunga bokor. Dalam bahasa Melayu, bunga ini disebuit sebagai bunga tiga bulan. Orang Sulawesi menyebutnya bunga Masamba. Tanaman hias ini cocok untuk mendekorasi ruangan dalam rumah Anda agar menjadi lebih cantik.

Beberapa tanaman tersebut dapat memperindah dekorasi dalam rumah Anda. Dengan peletakan tanaman hias yang tepat, serta perawatan yang baik tentu tanaman hias akan menjadikan rumah Anda lebih sehat. Demikian informasinya, semoga bermanfaat.

Comment Dong

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh