Ada berapakah jumlah gigi orang dewasa

Ada Berapakah Jumlah Gigi Orang Dewasa?

Gigi adalah bagian keras yang terletak di dalam mulut, mempunyai struktur bervariasi dan memungkinkan untuk melakukan aktivitas yang banyak. Gigi mempunyai struktur pelindung disebut sebagai email gigi yang bisa membantu pencegahan lubang pada gigi.

Gigi merupakan satu bagian dari tubuh yang paling membedakan pada jenis mamalia dan bisa menjadi fosil dengan baik. Paleontologis menggunakannya untuk mengidentifikasi jenis fosil. Analisis perbandingan gigi juga sangat membantu untuk mendapatkan gambaran perilaku evolusioner selama perkembangan spesies.

Bentuk gigi sangat berhubungan dengan jenis makanan hewan. Misal seperti hewan herbivora, ia memiliki gigi geraham yang banyak, sedangkan karnivora mempunyai banyak gigi taring karena membutuhkan tenaga untuk menggigit dan merobek daging.

Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Anak-anak

jumlah gigi orang dewasa
neomsindy.com

Berdasarkan fungsinya, gigi dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

  • Gigi seri, berfungsi sebagai alat pemotong makanan.
  • Gigi geraham, mempunyai fungsi untuk mengunyah makanan.
  • Gigi taring, Berfungsi untuk merobek makanan.

Jumlah gigi orang dewasa dan anak-anak berbeda. Gigi orang dewasa 32 disebut sebagai gigi tetap, sedangkan gigi pada anak-anak disebut sebagai gigi susu jumlahnya terdiri dari 20 buah.

Letak dan Jumlah Gigi Orang Dewasa

  • Gigi seri, jumlahnya ada 8 buah. Letaknya di tengah deretan gigi yang terdiri dari 4 buah gigi depan pada rahang bawah dan atas.
  • Gigi Geraham, jumlahnya 8 buah. Letaknya di mulut bagian belakang, yang berfungsi sebagai pengunyah atau penggiling makanan sampai lembut.
  • Gigi taring, jumlahnya ada 4 buah, terletak di sebelah gigi seri dan mempunyai fungsi sebagai perobek makanan.
  • Gigi premalor, berjumlah 8 terletak di antara gigi taring dan geraham.
  • Gigi bungsu atau geraham bungsu, berjumlah 4 buah gigi ini akan tumbuh pada usia 18 tahun. Namun keberadaannya terkadang mengganggu posisi pada gigi lain, sehingga harus dihilangkan dengancara operasi.

Pertumbuhan Gigi Bungsu

jumlah gigi orang dewasa
klinikjoydental.com

Jumlah gigi yang terdapat pada orang dewasa adalah 32. Coba perhatikan saat di depan cermin  dan lihat gigi geraham anda, seharusnya kita mempunyai 3 gigi geraham di samping kanan dan 3 lagi di bagian kiri.

Jika di sebelah kanan dan kiri terlihat 2 gigi geraham, berarti masih ada 1 gigi lagi yang belum tumbuh, yaitu gigi bungsu. Gigi tersebut biasanya muncul pada umur 20 -25 tahu, namun ada juga yang lebih awal.

Proses pertumbuhan gigi bungsu relatif lama, perlahan-lahan gusi akan menonjol kemudian terbuka secara perlahan. Sampai pada akhirnya terbuka, tumbuh naik, dan sejajar dengan gigi yang ada di sampingnya.

Proses pertumbuhan berjalan bisa memakan waktu 6 bulan sampai 2 tahunan. Efek yang dihasilkan dari proses tersebut adalah terasa tidak nyaman terhadap gigi kita, sakit saat mengunyah, ngilu ketika menggigit makanan. Efek tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika gigi telah tumbuh sempurna.

Letak gigi bungsu yang berada di dalam pangkal rahang sangat susah dibersihkan, sehingga sisa-sisa makanan sering mengendap dan membusuk. Hal seperti itu haruslah dihindari karena bisa menyebabkan gusi bengkak, gigi berlubang dan pada akhirnya timbul lah sakit gigi yang tidak karuan.

Karena itulah mengapa banyak dokter yang menyarankan untuk mencabut gigi bungsu, walaupun gigi tersebut tidak rusak. Dan juga fungsi kunyahannya yang relatif kecil. Namun apabila gigi tersebut tumbuh dengan sempurna dan tidak menimbulkan masalah maka lebih baik dibiarkan saja.

Pengertian dan Fungsi Gigi Manusia

jumlah gigi orang dewasa
kevinhamluk.com

Gigi merupakan alat pencernaan mekanik yang ada di dalam mulut. Fungsi utama gigi yaitu untuk merobek, mengunyah, dan memotong makanan sebelum makanan tersebut masuk ke kerongkongan. Gigi mempunyai struktur yang keras sehingga memudahkan untuk menjalankan fungsinya.

Bagian-bagian Gigi Manusia

  • Akar gigi, yaitu bagian gigi yang tertanam di bawah rahang dan tidak bisa terlihat dari luar, masing-masing jenis gigi manusia mempunyai jumlah akar yang berbeda-beda.
  • Leher gigi, yaitu bagian gigi yang sudah tertanam oleh gusi, bagian ini berada di antara akar dan mahkota gigi.
  • Mahkota gigi, adalah bagian gigi yang tampak dari luar, bagian ini dilapisi dengan pelindung yang biasa dinamakan email gigi.

Gigi yang baik dan sempurna itu memiliki 4 lapisan yaitu:

  • Email gigi, adalah lapisan yang melapisi bagian mahkota gigi. Email gigi merupakan bagian yang sangat keras, karena tersusun dari konsentrasi dengan kalsium yang tinggi. Bagian email gigi yang paling keras terletak di bagian mahkota yang mempunyai fungsi sebagai pelindung, semakin kebawah email gigi akan menipis dan hilang ketika sudah memasuki akar gigi.
  • Sementum gigi, ini adalah bagian gigi yang melapisi akar gigi. Sementrum berfungsi untuk menghubungkan gigi dengan rahang, strukturnya tidak sekeras email gigi, berbeda dengan yang di atasnya. Seiring dengan bertambahnya waktu maka Sementrum akan semakin tebal.
  • Tulang gigi (Dentin), lapisan gigi yang terdapat sesudah lapisan email gigi pada mahkota dan setelah lapisan sementrum pada akar gigi. Tekstur dentin seperti tulang tetapi lebih keras, karena mengandung kalsium dan konsentrasi yang lebih tinggi, oleh karenanya ia sering disebut sebagai tulang gigi. Dentin merupakan struktur terluas karena melapisi seluruh bagian tubuh gigi.
  • Rongga Gigi (Pulpa), yaitu jaringan dengan tekstur lunak yang berada di tengah gigi berbentuk rongga, terisi oleh pembuluh darah dan pembuluh saraf. Pulpa memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada gigi, karena mempunyai pembuluh darah selain itu juga berfungsi untuk mengidentifikasi apabila terdapat zat asing yang masuk ke dalam gigi karena mengandung pembuluh saraf dan juga membentuk lapisan dentin.

Itulah pembahasan mengenai jumlah gigi pada orang dewasa dan juga anak-anak.

Comment Dong

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh