Daun kelor atau moringa

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tidak jauh berbeda dengan daun-daun yang memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya. Daun kelor atau daun yang sering dikenal dengan bahasa latin Moringa Oleifera ini merupakan salah satu jenis tanaman obat yang juga hadir dengan pengolahan yang mudah.

Salah satu daun obat ini lahir dari jenis suku moringaceae yang memiliki ciri-ciri daun berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kecil. Biasanya daun kelor ini tersusun berjajar sangat rapi pada tangkainya.

Ciri-ciri lain yang cukup menonjol dari daun kelor yaitu tinggi batangnya yang hanya sekitar 7 sampai 11 meter saja, memiliki bunga berwarna putih kekuning-kuningan yang biasanya akan mengeluarkan bau semerbak saat mekar, dan yang terakhir tumbuhan ini menghasilkan buah dengan bentuk segitiga memanjang yang sering disebut klentang.

Nah setelah mengetahui semua ciri-ciri daun kelor, apakah anda percaya bahwa daun unik ini merupakan salah satu daun yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan? Berikut manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui:

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan
wellandgood.com

Daun Kelor untuk Kanker

Manfaat daun kelor pertama yang cukup populer yaitu daun ini memiliki kandungan anti kanker. Kesimpulan ini diambil dari studi yang telah ditunjukkan pada jurnal “Food and Chemical Toxicology” yang telah diterbitkan dalam edisi juni 2011 yang membahas studi mengenai kultur jaringan sel kanker serviks manusia.

Ekstrak daun kelor bisa membantu mematikan sel sejak dini, mencegah pertumbuhannya, serta menghambat reproduksi sel kanker dalam tubuh. Bahkan salah satu peneliti yang terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor ini memiliki potensi sebagai obat herbal yang bermanfaat sebagai pencegahan alami.

Mengatasi Diabetes

Kandungan daun kelor yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. salah satunya yaitu daun kelor memiliki manfaat yang bersifat anti diabetes. University of wiconsin LaCrosse mengatakan, bahwa sifat anti diabetes tersebut dihasilkan dari kandungan mineral yang nantinya bisa menghasilkan insulin.

Tidak hanya itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa daun kelor terbukti bisa membantu proses penyembuhan yang sangat akurat pada penderita diabetes. Selain itu, didalam “Journal of Diabetes” pada edisi juni 2012 dalam studi hewan laboratorium menjelaskan bahwa selama 21 hari setiap 150 miligram per kilogram berat badan, daun kelor dapat memberikan manfaat sebagai anti diabetes.

Untuk Atasi Sariawan

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi penyakit yang serius. Namun ternyata daun kelor juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit yang ringan. Tentu manfaat daun kelor ini bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan penyakit ringan agar tidak selalu mengandalkan obat kimia. Salah satu penyakit ringan tersebut misalnya daun kelor bisa membantu mengatasi sariawan.

Hal tersebut terjadi karena daun kelor memiliki kandungan yang kaya vitamin C. Dan seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang bisa sangat ampuh mengatasi masalah mulut dan tubuh ini. Untuk merasakan manfaat daun kelor sendiri, anda bisa mengolahnya menjadi sebuah masakan dengan menjadikan daun kelor sebagai sayur.

Daun Kelor untuk Mata

Manfaat daun kelor yang bisa anda ambil lainnya yaitu kandungan vitamin A dari dalam daun kelor yang bisa membantu mengatasi serta membantu pencegahan pertama kesehatan mata.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus daun kelor dengan air sampai mendidih. Selanjutnya anda bisa menggunakan air rebusan daun kelor tersebut untuk membasuh mata anda yang sakit. Lakukan cara ini sampai mata anda membaik.

Mengatasi Diabetes

Jika dikonsumsi secara rutin, daun kelor dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah didalam tubuh. Karena itulah, tidak heran jika akhirnya daun kelor juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes didalam tubuh. Tidak hanya itu, daun kelor juga bisa menjadi salah satu langkah awal pencegahan penyakit diabetes. Yaitu dengan cara rajin mengkonsumsinya.

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan
impactmagazine.ca

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat daun kelor lain yang wajib anda ketahui yaitu untuk kecantikan wajah dan kulit tubuh anda. Salah satu kandungan yang bisa membuat daun kelor ini bermanfaat sebagai bahan kecantikan yaitu kandungan vitamin C yang terkandung didalam daun kelor yang cukup tinggi.

Hal tersebut bisa disimpulkan karena ternyata kandungan vitamin c pada daun kelor diketahui jauh lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C yang terkandung pada buah jeruk dan sayuran yang lainnya. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kecantikan anda:

Manfaat Daun Kelor untuk Atasi Flek Hitam pada Wajah

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang bisa membantu menutrisi kulit sehingga bisa membantu mengatasi masalah wajah seperti menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah.

Salah satu cara yang bisa anda coba agar bisa merasakan manfaat daun kelor yaitu dengan menjadikan daun kelor menjadi sebuah masker wajah.

Hal tersebut tentu akan sangat membantu kecantikan Anda, karena selain bisa menghilangkan noda hitam pada wajah, kandungan vitamin C pada daun kelor juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah anda. adapun cara pembuatan masker daun kelor pun yaitu sebagai berikut:

  • Cucilah beberapa lembar daun kelor dan pastikan daun kelor benar-benar bersih. Kemudian, tumbuklah daun kelor sampai daun menjadi halus dan terasa lembut jika dipegang.
  • Selanjutnya, campurkan hasil tumbukan daun kelor dengan bedak bayi secukupnya. Ini bukan opsi wajib, jadi jika tidak terlalu suka boleh tidak mencampurkannya.
  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan hasil dari tumbukan daun kelor, ataupun campuran tumbukan daun kelor dan bedak bayi pada wajah secara merata. Lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Dan yang terakhir, bilas wajah anda menggunakan air saat masker daun kelor telah anda diamkan (telah mengering) Anda bisa melakukan tritmen ini setidaknya 2 kali dalam seminggu dalam satu bulan.

Namun jika tidak memungkinkan, anda cukup melakukan tritmen ini selama 2 hari sekali. Sehingga nantinya noda atau flek hitam pada wajah secara perlahan akan memudar kemudian hilang dengan sendirinya.

Manfaat Daun Kelor untuk Atasi Jerawat

Selain bisa mengatasi flek atau noda hitam pada wajah anda. Vitamin C yang terkandung didalam daun kelor juga ampuh mengatasi masalah jerawat. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara menggunakan daun kelor sebagai masker seperti cara yang telah dijelaskan di atas.

Namun bedanya, saat pengaplikasiannya anda bisa menghindari penggunaan tambahan bedak bayi. Terlebih jika anda memiliki kulit yang sensitif, lebih memilih menggunakan masker daun kelor tanpa tambahan bedak bayi lebih disarankan.

Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Barangkali tanpa dijelaskan pun, secara tidak langsung manfaat daun kelor pada poin ketiga ini tentu sudah Anda ketahui. Yaitu daun kelor ini bisa bermanfaat untuk kesehatan wajah anda.

Hal tersebut telah dibuktikan melalui dua indikasi yang telah dijelaskan di atas, yaitu membuat wajah terbebas dari noda hitam dan juga jerawat yang sering menyebabkan kesehatan wajah anda terganggu. Nah, jika wajah telah terbebas dari kedua hal tersebut tentu wajah anda akan menjadi wajah yang sehat.

Untuk pemanfaatannya sendiri, daun kelor tidak hanya bisa dibuat sebagai masker saja. Karena sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa anda coba untuk merasakan manfaat daun kelor ini. Misalnya dengan cara membuat daun kelor menjadi sebuah masakan.

Disamping lebih simple, cara ini juga dipercaya mampu membuat kulit wajah anda menjadi halus, serta mencegah timbulnya masalah jerawat.

Untuk Masker Anti Keriput

Manfaat baik lain yang tak kalah penting yaitu daun kelor dapat mencegah penuaan dini karena bisa menghilangkan keriput pada wajah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara rutin memakai masker daun kelor seperti poin 1 diatas. Agar lebih maksimal anda bisa menggunakan masker daun kelor ini selama 3 kali dalam seminggu.

Membersihkan Sel Kulit Mati

Manfaat daun kelor untuk kecantikan memang seakan tidak ada habisnya. Karena selain membantu mengatasi masalah masalah wajah di atas. Nyatanya daun kelor juga bisa anda gunakan untuk menjaga serta membersihkan kulit sehingga kulit bisa tampak lebih bersih, cerah, dan juga bersinar.

Adapun cara pembuatannya tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan masker di atas. Hal yang membedakan yaitu untuk membersihkan kulit anda disarankan untuk mencampurkan beras dan minyak zaitun. Berikut ini cara yang bisa anda coba :

Ambil dan cucilah daun kelor secukupnya, lalu lanjutkan dengan menumbuk daun kelor sampai halus
Selanjutnya, campurkan beras yang sebelumnya telah ditumbuk agak kasar kedalam hasil campuran daun kelor yang sebelumnya juga telah ditumbuk hingga halus.

Agar lebih harum, Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun. Setelah semuanya tercampur rata, anda bisa menggunakan semua campuran tersebut sebagai lulur atau scrub dengan cara membalurkannya keseluruh tubuh secara merata. Agar lebih rileks anda bisa membalurkannya sembari memijat tubuh secara lembut.

Setelah didiamkan selama beberapa menit, lalu lanjutkan dengan cara mandi. Dengan kata lain, lulur ini bisa menjadi pengganti sabun saat mandi.

Pantangan dan Efek Samping Daun Kelor

Semua manfaat daun kelor di atas tentu akan bisa anda rasakan dengan cara menggunakannya dengan tepat. Bukan hanya cara pemanfaatan tumbuhan ini dari daunnya saja. Namun juga dari buah serta biji-bijian yang mungkin aman jika diolah menjadi sebuah makanan.

Namun, perlu diingat. Bahwa tumbuhan ini bukanlah tumbuhan yang bisa dimanfaatkan secara keseluruhan. Karena anda hanya bisa memanfaatkannya dari daun, buah, serta biji-bijian. Dan tidak dari akarnya.

Hal tersebut karena akar tanaman ini mengandung racun yang ditengarai bisa mengakibatkan kelumpuhan bahkan yang lebih parah kematian. Oleh karenanya, meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak. Belum ada informasi pasti mengenai aman atau tidaknya menggunakan daun kelor dalam jumlah obat.

Selain itu, daun kelur juga kemungkinan tidak cocok jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu, disebabkan karena bahan kimia didalam akar, kulit kayu, serta bunga pada tumbuhan kelor dapat mengakibatkan kontrak rahim yang bisa berakibat janin mengalami keguguran.

Tidak hanya itu, informasi lain seperti diperbolehkannya ibu hamil mengkonsumsi bagian lain dari tumbuhan kelor bagi ibu hamil pun juga tidak ada.

Namun meskipun begitu, terkadang daun kelor sering dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi Air susu ibu atau ASI. Ada beberapa penelitian yang membenarkan hal tersebut.

Namun tetap saja, belum ada informasi yang cukup apakah kandungan daun kelor aman untuk bayi. Oleh karena itulah, untuk menghindari semua kemungkinan buruk tersebut, daun ini lebih baik dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Comment Dong

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh