Taman Rumah Minimalis

Pembuatan taman rumah minimalis sering diabaikan bagi kebanyakan orang yang mempunyai sisa lahan sedikit di rumahnya. Padahal, jika lahan tersebut dimanfaatkan untuk pembuatan taman akan sangat menguntungkan dan memberikan kesan indah dan juga artistik pada rumah. Semakin indah rumah, semakin betah Anda berada dirumah. Bukankah demikian?

Kurangnya pemanfaatan lahan tersebut mungkin dikarenakan tidak adanya inspirasi para pemilik rumah bahwa lahan sempit juga bisa digunakan sebagai taman yang cantik, tidak hanya lahan dengan ukuran yang luas saja. Semoga Anda tidak termasuk orang tersebut ya.

Jika Anda termasuk orang yang belum mengetahui cara pemanfaatan lahan menjadi taman, sebaiknya Anda baca tulisan ini sampai selesai, karena di bawah akan dibahas mengenai beberapa inspirasi taman rumah minimalis yang pasti cocok dengan ukuran lahan rumah Anda. Yuk simak!

Bentuk Taman Vertical

Bentuk Taman Vertical
credit: stoneforest.com

Taman dengan tipe ini sangat cocok untuk lahan rumah Anda yang berukuran mini. Pembuatannya pun sangat mudah. Ada tiga cara yang bisa Anda gunakan, yaitu menggunakan pot yang digantung, memasang pot di dinding, dan dengan menanam tumbuhan rambat.

Dengan menggunakan tumbuhan rambat, Anda cukup menanam tumbuhan rambat tersebut pada atap rumah, dan pastikan tumbuhan yang digunakan adalah yang bagus dan luwes, karena nantinya tumbuhan tersebut akan merambat ke bawah di depan rumah Anda, sehingga enak dipandang.

Jika Anda menggunakan pot yang digantung, Anda harus membeli pot dengan gantungannya dan memasang beberapa paku untuk menggantungnya. Tumbuhannya bebas, bisa yang merambat atau tumbuhan biasa.

Untuk model pot pada dinding, hampir sama dengan pot yang digantung, hanya bedanya Anda tidak membutuhkan gantungan untuk menggantung pot yang berisi tanaman. Cukup pasang paku dan pot, boleh menggunakan pot biasa atau bisa memanfaatkan peralon yang dibentuk zig-zag dan dilubangi atau sesuai selera, kemudian diisi tanah dan ditanamani tumbuhan bunga.

Taman Cantik dan Nyaman Dalam Rumah

desain taman di dalam rumah

credit: oliveirensebasquetebol.com

Membuat taman tidak harus di luar rumah loh. Di dalam rumah pun Anda bisa membuatnya. Taman minimalis didalam rumah tidak harus seperti taman yang berada di luar, cukup sesuaikan dengan interior rumah Anda, misalnya dengan memilih tumbuhan yang berwarna sama dengan furniture Anda, contohnya hijau atau coklat.

Karena tumbuhan juga membutuhkan cahaya matahari, jangan lupa untuk memberikan ventilasi atau jendela yang dekat dengan taman, agar tumbuhan bisa mendapatkan cahaya alami dan tidak mudah layu.

Taman didalam rumah tidak harus besar, Anda bisa membuatnya di satu titik saja, dan hindari penggunaan furniture yang berlebihan, karena hal tersebut hanya akan membuat rumah Anda semakin sempit jika ditambah dengan taman.

Taman Rumah Minimalis di Jalan Setapak

Taman Rumah Minimalis di Jalan Setapak
credit: sunset.com

Biasanya jalan setapak yang terbuat dari batu atau beton akan dipasang di depan pintu rumah menuju ke pintu gerbang atau bahkan menuju ke rumah bagian belakang. Namun jalan setapak tersebut juga jarang dipasang dengan menambahkan taman di sekelilingnya. Padahal jika Anda mampu memberikan beberapa bunga dan rerumputan, pasti akan menambah asrinya depan rumah Anda loh.

Taman ini sangat sederhana, Anda hanya perlu mencari bibit rumput untuk ditanam dan mungkin beberapa bunga warna warni yang cocok untuk menambah kesan feminim di depan rumah.

Agar terlihat lebih elegan, Anda bisa menambahkan beberapa lampu kecil di sebagian titik, dan dihidupkan pada malam hari. Pasti akan terlihat romantis dan rumah Anda bisa dijadikan spot foto.

Taman Dari Kolam dan Air Mancur

taman Dari Kolam dan Air Mancur
credit: pinterest

Mendengar gemercik air di dalam rumah akan memberikan relaksasi tersendiri untuk Anda dan keluarga, untuk itu membuat taman yang disertai kolam dan air mancur menjadi inspirasi terbaik yang harus Anda wujudkan. Untuk membuatnya pun bisa di luar maupun didalam rumah.

Kolam dan air mancur yang Anda buat tidak harus besar seperti kebanyakan yang berada di taman, cukup membuatnya dengan ukuran kecil sederhana namun terlihat lebih elit. Kemudian tambahkan beberapa tumbuhan hijau untuk menambah alaminya taman mini Anda ini. Jangan lupa tambahkan ikan kecil berwarna warni agar terlihat adanya kehidupan di dalam taman. Bagaimana ada bayangan ?

Taman Manis di Tangga

Tanaman hias rumah untuk tangga
credit: terrascapeslandscapedesign.com

Ternyata membuat taman tidak seperti yang Anda bayangkan, taman bisa dibuat dimana saja, salah satu yang unik ini yaitu di tangga. Jika Anda mempunyai rumah dengan beberapa lantai, tangga untuk menuju lantai selanjutnya jangan dibiarkan saja, buatlah kesan berbeda di dalamnya.

Yaitu dengan membuatnya taman. Taman yang ada di anak tangga bisa menggunakan tumbuhan juga loh, caranya dengan menggantung pot berisi tumbuhan hijau yang ditata dengan rapi, atau Anda juga bisa menambahkan foto-foto keluarga.

Selain digantung, tumbuhan juga bisa Anda letakan di anak tangga, namun pot yang digunakan juga harus disesuaikan, tidak mungkin kan menggunakan pot besar yang nantinya akan menghalangi jalan.

Taman Outdoor Dengan Tambahan Furniture

Taman Outdoor Dengan Tambahan Furniture
credit: home-gardener.co.uk

Taman rumah minimalis yang satu ini sering dijumpai, karena memang banyak orang yang mengidamkannya. Membuatnya juga cukup mudah kok, sama seperti pembuatan taman yang lain, hanya Anda harus menambahkan furniture tambahan yang sesuai dengan desain taman yang Anda buat.

Furniture tersebut bisa bermacam-macam, misalnya sepasang kursi dengan meja kecil untuk menikmati taman, atau bisa ayunan, hal ini bebas tergantung keinginan Anda. Namun pilihlah furniture dengan tingkat keawetan yang tinggi, karena barang tersebut berada diluar yang pasti akan terkena panas dan hujan setiap harinya.

Taman di Kamar Mandi dan Dapur

Taman di Kamar Mandi dan Dapur

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa membuat taman bisa dimana saja, jika tadi sudah ada tangga yang dibuat taman, kali ini ada dapur dan kamar mandi yang juga bisa dibuat taman. Inspirasi yang satu ini sangat jarang memang diterapkan, namun akan sangat berguna bagi Anda.

Berguna karena dengan taman di dapur akan membuat suasana memasak Anda lebih menyenangkan dan terlihat alami, dan jika dikamar mandi kesan mandi akan lebih segar dirasakan.

Membuat taman di dapur Anda bisa menempatkannya di beberapa titik, tumbuhan yang Anda tanam pun tidak harus bunga-bunga, melainkan bisa dari tumbuhan sayur, mungkin ini akan lebih bermanfaat terutama saat sedang bingung mencari sayur tapi tukang sayur tidak lewat.

Dan jika dikamar mandi tentu ini akan lebih sederhana, Anda bisa menempatkan beberapa tumbuhan hijau atau anggrek untuk menghias kamar mandi Anda. Dengan adanya taman di kamar mandi, suasana akan terasa seperti di mata air alami.

Taman di Balkon Rumah

Inspirasi taman untuk bakon rumah  rooftop
credit: bbg.org

Jika di depan, samping atau belakang rumah sudah tidak memungkinkan untuk membuat taman, Anda bisa menggunakan lahan di balkon untuk dibuatnya sebagai taman. Justru dengan taman yang ada di balkon, hasilnya akan sangat bagus karena pemandangan dari atas rumah yang begitu luas.

Taman di balkon sebaiknya menggunakan tanaman hias yang tidak terlalu besar maupun tinggi, cukup dengan tumbuhan-tumbuhan pot dan ditambah dengan beberapa furniture seperti kursi dan meja untuk menikmati luas dan indahnya alam ini.

Anda masih bingung memilih inspirasi membuat taman rumah minimalis? Sudah tidak zaman sepertinya. Karena informasi diatas sudah menjawab semua rasa bingung Anda. Segera manfaatkan lahan kosong Anda untuk dibuat taman dengan menggunakan ide di atas, agar rumah terlihat lebih indah. Selamat mencoba !

Comment Dong

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.